hidung tersumbat - klinik tht terpadu

10 Penyebab Hidung Tersumbat dan Cara Mengatasinya

hidung tersumbat - klinik tht terpadu

Hidung tersumbat atau mampet bisa jadi sesuatu yang menjengkelkan. Nafas jadi terganggu dan hidung pasti tidak terasa nyaman.

Banyak orang berpikir bahwa hidung mampet itu karena adanya penggumpalan lendir dalam saluran hidung. Tetapi sebenarnya, ada beberapa penyebab yang membuat hidung jadi mampet.

Penyebab Hidung Tersumbat

Banyak faktor yang membuat hidung jadi tersumbat. Namun pada intinya, hidung tersumbat disebabkan oleh segala sesuatu yang membuat hidung jadi meradang dan teriritasi. Penyebabnya adalah:

1. Flu

Saat virus menyerang sistem pernafasan, seperti pada hidung, tenggorokan, dan paru-paru biasanya akan timbul flu atau influenza. Ini dapat memicu hidung jadi mampet.

2. Sinusitis

Sinisitis diakibatkan oleh pembengkakan dinding dalam hidung akibat serangan virus atau reaksi alergi yang masuk dari saluran pernapasan atas. Virus itu dapat memicu sinus untuk menghasilkan lendir lebih banyak, hal ini akan membuat terjadinya penumpukan dan penyumbatan pada saluran hidung.

3. Rinitis Alergi

Rinitis alergi ialah peradangan yang terjadi pada rongga hidung akibat reaksi alergi. Pemicunya seperti debu, bulu hewa, atau serbuk sari dan menimbulkan gejala seperti hidung gatal, bersin dan mampet.

4. Batuk Pilek

Batuk pilek yang juga dikenal dengan selesma merupakan penyebab hidung tersumbat yang terjadi akibat infeksi virus ringan pada saluran hidung dan tenggorokan. Gejala lain selain hidung tersumbat seperti bersin, suara serak, demam, sakit kepala, dan nyeri tenggorokan.

Baca juga : Sakit Tenggorokan – Penyebab Dan Cara Pengobatannya

5. Asap rokok

Asap rokok yang terhisap oleh paru-paru dapat menyebabkan iritasi pada salur pernafasan, lalu memproduksi lendir. Saat lendir dalam paru-paru meningkat, akan membuat tubuh terasa dingin dan terjadinya infeksi pernafasan. Gejala lainnya yang ditimbulkan adalah hidung mampet.

6. Rhinitis Vasomotor

Rhinitis Vasomotor, istilah lainnya rhinitis non-alergi ialah peradangan yang terjadi di dalam hidung yang disebabkan bukan karena alergi, melainkan adanya gangguan saraf pada hidung. Kondisi ini bisa menyebabkan hidung Anda jadi mampet.

7. Sleep Apnea

Sleep apnea ialah gangguan tidur yang terjadi saat pernapasan seseorang terganggu yang ditandai dengan nafas yang berhenti secara berulang saat tidur. Akibatknya, otak dan bagian tubuh jadi tidak menerima asupan oksigen yang cukup. Sleep apnea dapat membuat hidung jadi tersumbat dan sulit bernapas.

8. Polip Hidung

Polip adalah daging yang tumbuh atau benjolan pada hidung yang bisa muncul pada satu atau kedua rongga hidung yang bisa menyebabkan hidung tersumbat dan pilek.

9. Deviasi Septum

Deviasi Septum adalan kondisi saat dinding tipis yang membatasi kedua lubang hidung jadi tidak tepat berada di posisi tengah. Penderita deviasi septum bisa sering mengalami masalah hidung mampet. Lubang hidung yang tersumbat bisa keduanya atau salah satunya. Kondisi ini membuat seseorang jadi sulit bernapas apalagi jika sedang terkena pilek.

10. Stres

Saat seseorang mengalami stres, sistem kekebalan tubuh akan menurun dan mengakibatkan tubuh rentan terhadap pilek dan flu yang bisa memicu munculnya hidung tersumbat dan ingusan.

Cara Mengobati Hidung Mampet 

Ada beberapa langkah sederhana bagaimana mengobati hidung tersumbat, yaitu sebagai berikut:

– Hirup uap air hangat
– Minum lebih banyak untuk mengencerkan lendir di hidung
– Mandi dengan air hangat
– Membasuh wajah dengan handuk hangat
– Konsumsi makanan kaya probiotik seperti yoghurt
– Tidur miring berkebalikan dengan bagian hidung mana yang tersumbat. Misalnya, hidung mampet bagian kiri, maka tidur miring ke sebelah kanan.

Selain cara sederhana tersebut, Anda bisa juga dapat meminum obat:

1. Dekongestan

Dekongesten tersedia dalam bentuk oral (obat minum) dan spray (yang disemprotkan). Obat bentuk spray bereaksi lebih cepat mengatasi hidung mampet daripada obat bentuk oral.

2. Antihistamin

Obat antihistamin adalah kelompok obat yang bisa Anda minum untuk mengobati berbagai reaksi alergi, khususnya, rinitis alergi yang menyebabkan penyumbatan di hidung.

3. Penghilang rasa sakit

Obat penghilang rasa sakit yang mengandung ibuprofen atau paracetamol dapat membantu Anda mengobati rasa sakit pada hidung saat mampet.

  •  
  •  
  •  
  •  

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *