kulit biduran

Biduran : Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

kulit biduran

Biduran merupakan bentol ruam kemerahan yang diikuti rasa gatal pada kulit. Masalah kulit ini bisa muncul pada anak maupun dewasa yang memiliki kulit sensitif. Sekitar 20% orang paling tidak sekali seumur hidup pernah mengalaminya.

Biduran, istilah medisnya urtikaria merupakan kondisi ruam kemerahan pada kulit akibat:

– Reaksi alergi
– Efek samping obat tertentu
– Stres
– Gigitan serangga
– Infeksi bakteri atau virus
– Penyakit hepatitis
– Alergi tanaman
– Serbuk sari
– Bulu binatang
– Terkena getah tanaman
– Transfusi Darah

Pada bagian yang bentolan karena biduran, kulit akan nampak berubah warna menjadi putih setelah ditekan.

Gejala Biduran

Biduran muncul pada kulit nampak sebagai ruam, bercak-bercak, dan bentol yang terasa gatal. Tidak lama, biasanya gejala bidoran dapat hilang tiba-tiba dengan sendirinya dan memudar dalam waktu sehari.

biduran masalah kulit

Ilustrasi Biduran (Lovelyday Vandy/Shutterstock)

Tetapi bilamana terjadi reaksi alergi yang parah seperti sesak nafas, lemas, bengkak, dan pusing, sebaiknya menghubungi dokter.

Baca juga :  16 Macam Penyakit dan Gangguan Telinga

Cara Menangani Biduran

Jika rata gatal terasa terkesan ringan, Anda dapat mengatasi gejalanya dengan perawatan sederhana di rumah, yaitu:

1. Menjauhi Pemicu Biduran

Biduran muncul jika adanya faktor pemicunya. Karena itu, cara terpenting mengatasi biduran adalah dengan menjauhi kontak langsung dengan pemicunya.

Jika biduran dipicu oleh makanan tertentu, maka sebaiknya hindari memakan makanan tersebut. Sedangkan jika akibat stres, maka perlu melakukan rileksasi pikiran agar pikiran kembali tenang.

2. Memakai Kompres Dingin

Cara ini bisa Anda lakukan dengan menempelkan es atau sesuatu yang dingin ke area kulit yang terasa gatal selama 10-15 menit. Ulangi 2-4 kali sehari. Rasa gatal akan mereda.

Baca juga : 10 Penyebab Hidung Tersumbat dan Cara Mengatasinya

3. Mandi dengan cairan pereda gatal

Ada beberapa produk pereda rasa gatal seperi oatmeal koloid untuk mandi. Sebaiknya pilih produk perawatan kulit yang cocok dengan kondisi kulit sensitif Anda. Hindari jenis sabun mandi yang bisa memicu rasa gatal seperti sabun mandi yang mengandung pewangi.

4. Mengatur suhu

Suhu panas bisa memicu rasa gatal makin parah. Agar aman, pastikan Anda mengenakan pakaian berbahan cotton yang dapat menyerap keringat. Di laur ruangan, sebaiknya jauhi sinar matahari langsung. Sedangkan jika di dalam ruangan, atur suhu ruangan agar tetap sejuk dengan menyalakan AC atau kipas angin jika diperlukan. Buat tubuh Anda merasa nyaman.

5. Memakai Obat

Anda bisa memilih obat pereda gatal bentuk krim yang mengandung witch hazel yang bisa dioleskan pada area bentol atau tablet yang diminum yang umumnya berupa obat anti alergi jenis kortikosteroid dan antihistamin. Untuk biduran yang sering kambuh dan sangat luas, sebaiknya Anda gunakan obat resep dokter dan obat yang meningkatkan sistem imunitas tubuh.

  •  
  •  
  •  
  •  

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *